Ngantuk Saat Mengemudi? Mungkin Karena Makanan Ini

  • Ngantuk Saat Mengemudi? Mungkin Karena Makanan Ini

    Ngantuk Saat Mengemudi? Mungkin Karena Makanan Ini

     

    Tiba-tiba merasa ngantuk saat mengemudi memang sering terjadi, apalagi saat perjalanan jarak jauh. Berkurangnya fokus dan mata perih merupakan tanda-tanda bahwa pengemudi harus menepi sejenak untuk beristirahat. Namun tahukah Anda bahwa rasa ngantuk tidak hanya disebabkan oleh kelelahan, namun juga karena faktor makanan yang kita konsumsi sebelum mengemudi.

    Lalu, makanan apa saja yang dapat menyebabkan ngantuk saat mengemudi? Berikut ini kami rangkum informasinya

    1. Nasi Putih

    Peneliti mengatakan bahwa nasi putih indeks glikemik yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang menyebabkan mudah ngantuk saat mengemudi, apalagi jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak sebelum pergi berkendara

    Nasi Putih

     

    1. Roti Gandum

    Roti gandum memang cocok untuk yang sedang menjalankan diet. Namun kandungan glukosa pada roti gandum mudah hilang sehingga tubuh menjadi rileks dan menyebabkan ngantuk saat mengemudi.

    Roti Gandum

     

    1. Kacang Almond

    Mengandung triptofan dan kalsium yang tinggi membuat kacang almond menjadi salah satu makanan yang paling ampuh untuk membuat badan menjadi rileks. Sehingga perlahan akan mendatangkan rasa ngantuk.

    Kacang Almond

     

    1. Buah Ceri

    Kandungan melatonin yang tinggi juga mampu menciptakan rasa ngantuk jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

    buah ceri

     

    1. Pisang

    Kandungan vitamin B6 pada pisang mampu mengubah zat triptophan pada tubuh menjadi serotonin yang membuat tubuh menjadi lebih rileks. Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, dapat menyebabkan ngantuk saat mengemudi.

    Pisang penyebab ngantuk

     

    1. Oatmeal

    Dikenal mampu memproduksi insulin dan meningkatkan kadar gula, membuat oatmeal dikenal juga sebagai obat tidur. Jumlah melatonin yang melimpah juga membuat tubuh menjadi mudah ngantuk setelah mengkonsumsinya.

    Oatmeal penyebab ngantuk

    Itulah beberapa pilihan makanan yang mampu menyebabkan ngantuk, terlebih jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebih. Para ahli gizi tidak melarang beberapa makanan ini, hanya saja yang perlu diingat sebaiknya konsumsi makanan tersebut dalam porsi yang cukup agar tidak menyebabkan ngantuk disaat Anda harus mengemudi kendaraan dalam waktu yang relatif lama seperti berkendara jarak jauh atau pun berkendara di macetnya jalanan ibu kota.

    Beberapa ahli keselamatan berkendara menyarankan, jika ngantuk sebaiknya kita istirahat sejenak.

     

    Leave a comment

    Required fields are marked *

Open chat
1
Halo, butuh bantuan? Klik di sini
Halo,
Selamat datang di Multi Inti Transport.
Ada yang bisa kami bantu?